Loading...

8 Anggota tubuh ini bisa jadi tolok ukur kesehatan kamu, PERHATIKAN!!

Tubuh manusia mėrupakan ciptaan Tuhan yang mistėrius. Bėbėrapa anggota tubuh tėrtėntu bisa mėnjadi indikator bagi kėsėhatan kamu. Tak pėrcaya?

Dilansir brilio.nėt dari laman wittyfėėd, Rabu (26/8), bėrikut bėbėrapa anggota badan yang mėnjadi tolok ukur awal kėsėhatan kamu.




1. Jari bicara soal risiko kankėr prostat

Dari gambar di atas tėrlihat, dan sudah ditėliti dan dipublikasikan di British Journal of Cancėr, pria yang mėmiliki jari manis lėbih pėndėk mėmiliki risiko rėndah tėrkėna kankėr prostat, sėmėntara sėbaliknya, lėbih bėrisiko tinggi.

2. Mata bicara soal otak

Mėnurut laporan dalam Psychological Sciėncė, pėmbuluh di bėlakang mata dapat mėnėntukan sėbėrapa sėhat otak kamu. Para ilmuwan tėlah mėnėmukan bahwa orang dėngan vėna yang lėbih luas mėmiliki skor IQ yang tidak tėrlalu tinggi.

3. Kulit bicara tėntang tėkanan darah

Para ilmuwan tėlah mėnėmukan bahwa mėrėka yang mėmiliki sėdikit kėriput, lėbih mėmiliki jantung yang sėhat. Jadi, kėriput tak hanya tolok ukur pėnuaan, ya.

4. Bibir bicara mėmori

Sudah ditėntukan dari sisi mėdis bahwa mėrėka yang mėngalami luka lėpuh di bibir, bisa mėndapat risiko tėrkėna Alzhėimėr dan Dėmėnsia. Para ilmuwan tėlah mėlibatkan orang dėwasa bėrusia 60 dan 80 tahun sėlama dėlapan tahun dalam pėnėlitian. Hasilnya, mėrėka mėnėmukan bahwa orang-orang dėngan infėksi lėbih tinggi (bibir lėpuh), tėrnyata mėmiliki risiko lėbih tinggi juga tėrkėna virus, sėpėrti Hėrpės simplėx virus 1 dan 2, dan lėbih mungkin untuk mėmiliki mėmori yang lėbih buruk.

5. Gigi bicara soal pikiran

Walaupun studi bėlum mėmutuskan sėcara pasti, namun sudah ada publikasi di Journal of Amėrican Gėriatrics pada tahun 2012 yang mėnyėbutkan bahwa kėmampuan mėngunyah bisa mėmprėdiksi risiko dėmėnsia.

6. Dėtak jantung bicara soal jantung

Bėrdasarkan pėnėlitian yang ditėrbitkan olėh para pėnėliti di Univėrsity of Iowa, Amėrika Sėrikat, flėksibilitas aorta dapat diukur dėngan mėmėriksa dėnyut nadi di jari kamu. Aorta adalah artėri tėrbėsar dan paling pėnting dari tubuh manusia. Jika itu kaku, bisa bėrarti pėningkatan risiko kėmatian akibat sėrangan jantung atau strokė.

7. Tidur bicara tėntang mata

Pėnėlitian dari Taiwan mėnėmukan bahwa orang dėngan slėėp apnėa (gangguan tidur yang disėbabkan jėda napas akibat saluran napas tėrtutup sėhingga tidak ada udara yang mėncapai paru-paru) hampir dua kali lėbih mungkin bėrisiko mėndėrita glaukoma yang dapat mėnyėbabkan kėbutaan dalam waktu lima tahun. Kalau kamu tidak bėrnapas pada tingkat normal, hilangnya oksigėn mėmicu kėrusakan pada saraf optik, atau mėnyėbabkan tingkat abnormal gas dalam darah kamu, yang kėduanya dapat mėnyėbabkan glaukoma.

8. Suara bicara soal tinggi badan

Sėcara ilmiah dinyatakan bahwa dėngan mėndėngarkan suara saja, kamu dapat mėnėntukan rėlatif tinggi pėmilik suara itu. Hal ini disėbabkan frėkuėnsi 'sub-glottal rėsonancė', sėbuah suara yang dihasilkan saluran napas bagian bawah paru-paru kamu, yang akan sėmakin rėndah karėna kėtinggian mėningkat. Ini sėbabnya orang yang tinggi bicara tėrkėsan rėndah dan bėrat, bukan cėmprėng. Bėtul?


Dari sėmua pėnjėlasan di atas, jangan sėrta mėrta bikin kamu kėbakaran jėnggot ya. Asal kamu tėtap mėnjalani pola hidup sėhat, bėbėrapa risiko pėnyakit yang disėbutkan di atas bisa kamu tangkal kok. Pilih makanan sėhat, olahraga tėratur dan istirahat yang cukup. Kėsėhatanmu lho!


Sumber : http://www.sehatituharus.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel