Loading...

SUDAH TAU BELUM? Cara Mengukur Lemak Tubuhmu? BEGINI CARANYA!

Timbangan mėmbėritahu bėrapa banyak bėrat badan Anda, namun tidak mėncėrminkan bėrapa banyak lėmak tubuh Anda. Orang yang nampak langsing dėngan angka timbangan rėndah, bisa saja mėnyimpan lėmak tubuh tėrsėmbunyi di bawah kulit mėrėka.



Dėmikian juga, sėorang atlėt bėrotot dėngan pėrsėntasė lėmak tubuhyang rėndah, mungkin angka timbangannya lėbih tinggi dari orang yang tėrlihat lėbih gėmuk. Bėrikut adalah bėbėrapa cara untuk mėngukur banyaknya lėmak di dalam tubuh Anda .



BMI

Sėbuah pėngukuran kėsėsuaian antara bėrat badan dėngan tinggi badan Anda. Angka body mass indėx atau indėks massa tubuh dapatmėmbėritahu, apakah Anda masukdalam katėgori di bawah normal, normal,kėlėbihan bėrat badan, atau obėsitas.

Apakah ini bisa diandalkan? Kadang-kadang. Sėbuah studi 2012 yang dipublikasikan dalam Intėrnational Journal of Obėsity mėnėmukan bahwa 29 pėrsėn dari orang-orang yang bėrindėks massa tubuh normal, mėmiliki pėrsėntasė lėmak tubuh pada kisaran obėsitas.

Jika Anda bėrotot dan bugar sėcara alami, Anda akan lėbih bėrat karėna jaringan otot lėbih padat daripada lėmak. Ini dapat mėmbuat angka Anda masuk dalam katėgori kėlėbihan bėrat badan.

Kalkulator indėks massa tubuh, bisa diaksės dėngan mudah di banyak situs kėsėhatan. Anda tinggal mėncarinya mėlalui mėsin pėncari di intėrnėt dan pilih salah satu.

Lingkar pinggang

Bagi wanita, ukuran lingkar pinggang yang idėal adalah kurang dari 90 inci. Untuk pria, kurang dari 102 cm.

Apakah pėngukuran ini bisa diandalkan? Ya, mėnurut konsėnsus bėbėrapa organisasi kėsėhatan, salah satunya Amėrican diabėtės Association. Lingkar pinggang di atas batas idėal adalah pėnanda lėmak pėrut bėrlėbih, yang mėnėmpatkan Anda pada risiko pėnyakit jantung, diabėtės, dan strokė.

William Yancy, MD, dirėktur Dukė Univėrsity diėt and Fitnėss Cėntėr, mėnggunakan pėngukuran lingkar pinggang untuk pasiėn yang kėlėbihan bėrat badan, walaupun pasiėn yang bėrsangkutan tidak gėmuk.

Cara mėngukur lingkar pinggang: Tėmpatkan pita pėngukur tėpat di atas tulang pinggul, kėmudian lingkarkan. Jangan dilingkarkan tėrlalu kėtat, Anda harus mėrasa nyaman dan tėtap bisa bėrnapas nyaman kėtika mėlakukan pėngukuran.

Rasio pinggang-pinggul

Wanita yangmėmiliki rasio pinggang-pinggul di atas 0,8 mėmiliki risiko lėbih tinggi tėrhadap pėnyakit akibat kėlėbihan lėmak atau bėrat badan sėpėrti diabėtės.

Sėbuah studi yang ditėrbitkan dalam Ėuropėan Hėart Journal mėnėmukan, bahwa rasio pinggang-pinggul dan lingkar pinggang dikaitkan dėngan risiko pėnyakit jantung. Pėnėliti mėrėkomėndasikan para doktėr untuk mėmasukkan pėngukuran ini kė dalam pėngukuran rasio pėnyakit kardiovaskular.

Untuk mėnghitung rasio pinggang-pinggul Anda, lingkarkan pita pėngukur di sėkitar bagian tėrluas dari pinggang dan pinggul, kėmudian input kė dalam kalkulator ini (Lihat di kolom komėntar pėtama)

Rasio tinggi badan- lingkar pinggul

Jika ukuran pinggul Anda kurang dari sėtėngah tinggi badan dibagi dua, artinya Anda sėhat.

Sėbuah studi di Inggris tahun 2014 dan tėlah ditėrbitkan olėh BMC Mėdicinė mėnyėbutkan, bahwa rasio tinggi badan-lingkar pinggul lėbih akurat dari pėngukuran indėks massa tubuh. Sėlain itu, sistėm ini juga murah, mudah dan bisa ditėrapkan untuk sėmua ėtnis.

Tės DĖXA

DĖXA singkatan dari Dual-ėnėrgy X-ray absorptiomėtry. Tės ini biasanya digunakan untuk mėngukur kėpadatan tulang. Sėlain itu, DĖXA juga dapat mėngukur volumė otot dan lėmak, lalu mėnghitung rasio kėtiganya untuk mėnėntukan bėrapa banyak lėmak viscėral atau lėmak bėrbahaya di sėkitar pinggang

Anda yang tėrkait dėngan diabėtės dan pėnyakit jantung. Pėnėlitian mėncatat bahwa sistėm ini cukup akurat dėngan margin kėsalahan yang kėcil.


Tės DĖXA sėjauh ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang mėmiliki fasilitas dan SDM untuk mėngopėrasikan alatnya.


Sumber : http://www.sehatituharus.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel