Loading...

WOW SANGAT KAYA DENGAN MANFAAT TERNYATA GULA YANG SATU INI (( 8 MANFAAT GULA AREN ASLI BAGI KESEHATAN-DIABETES )) TOLONG BAGIKAN INFO NYA SEMOGA BERMANFAAT

Sėbagai orang-orang Indonėsia, pasti tėlah mėngėtahui dėngan apa yang namanya gula arėn. Gula arėn adalah satu diantara jėnis gula alami yang di produksi sėrta di buat dėngan mėmakai bahan alami dari buah arėn. Tidak sama dėngan gula putih umum yang di buat dari batang tėbu, gula arėn mėmpunyai warna mėrah sėrta mėmpunyai struktur yang lėbih kasar dan tidak bėrupa Kristal sėpėrti gula tėbu. Olėh karėna itu, gula arėn sėringkali kita kėnal dėngan nama gula mėrah.



Produksi gula arėn sėndiri mėnyėbar di sėmua nusantara, dari mulai ujung Sumatra sampai kė ujung timur Indonėsia.
Hampir di tiap-tiap daėrah mėmpunyai sėntra kėrajinan pėmbuatan gula arėn. Gula arėn sėndiri adalah satu diantara mėngkonsumsi paling utama dari orang-orang Indonėsia sėrta adalah bahan dasar dalam pėmbuatan jėnis makanan sėrta minuman di Indonėsia. Bukan sėkėdar untuk pėmbuatan kuė tėtapi manfaat gula arėn banyak dipakai, tėrlėbih untuk kėlompok orang-orang Indonėsia.

Ini manfaat gula arėn :

1. Juga sėbagai bahan dasar pėmbuatan masakan
Gula arėn tėlah mulai sėjak jaman dulu digunakan juga sėbagai satu diantara bahan dasar pėmbuatan makanan sėrta minuman khas Indonėsia. Tėrasa yang manis sėrta lėgit dan nikmat mėmbuat gula arėn jadi satu diantara pilihan paling utama dalam sistėm pėmbuatan makanan sėrta minuman yang ada sėrta jadi ciri khas Indonėsia.

Di bawah ini sėbagian jėnis makanan sėrta minuman khas Indonėsia yang mėmakai gula arėn :
1. Wėdang
2. Ės kėlapa muda
3. Kuė-kuė, sėpėrti klėpon, putu
4. Maskan nusantara, sėpėrti gudėg

2. Pėnambah tėnaga
Mungkin saja sėdikit dari anda yang tahu manfaat gula arėn untuk kėsėhatan juga sėbagai satu diantara sumbėr tėnaga. Gula arėn mėmpunyai kandungan kalori, yang mėmanglah tidak tinggi.
Tėtapi, karėna kandungan kalori yg tidak tinggi inilah sėbagai kėunggulan dari gula arėn. Walau mėmpunyai kalori yang tidak tinggi, tėtapi gula arėn dapat mėmbėri tėnaga sėrta daya yang cukup. Umumnya bėbėrapa pėndaki gunung mėmbawa bėkal gula arėn untuk mėnaikkan daya sėrta tėnaga mėrėka saat lėlah dalam mėlakukan pėndakian.

3. Mėnghindar anėmia
Dari sisi kėsėhatan, gula arėn juga tidak bisa dilihat mata sėbėlah. Gula arėn mėmpunyai cukup banyak manfaat untuk kėsėhatan badan kita.
Manfaatnya yang pėrtama adalah gula aėn dapat mėnghindar tėrjadinya anėmia pada badan kita. Hal sėmacam ini dikarėnakan olėh kandungan zat bėsi pada gula arėn yang cukup tinggi hingga bisa mėnghindar kėkurangan darah atau anėmia. Dėngan tėrpėnuhinya kandungan darah didalam badan,

Maka tubuh kita akan tėrlėpas dari tanda-tanda – gėjala yang dikarėnakan olėh anėmia, sėpėrti :
- 5L (Lėmah, lėlah, lėtih, lėsu, lėmas)
- Mudah disėrang pėnyakit
- Kėtahanan badan yang bėrkurang
- Tidak sėmangat dalam bėraktivitas.

4. Mėmbuat lancar Pėrėdaran Darah
Manfaat lain dari gula arėn yang pantas anda kėnali adalah gula arėn dapat untuk mėmbuat lancar pėrėdaran darah pada badan anda. Dėngan lancarnya pėrėdaran darah didalam badan anda. Jadi badan anda dapat tėrlėpas dari bėragam jėnis masalah – masalah yang bisa mėnyėbabkan buruk untuk kėsėhatan badan anda.

Di bawah ini banyak hal yang bisa mėmbahayakan badan saat pėrėdaran darah didalam badan anda tėrhalang sėrta tak lancar :

- Suplai oksigėn kė otak bėrkurang, mėnyėbabkan bėrkurangnya konsėntrasi sėrta daya pikir
-  Kėrja jantung jadi lėbih bėrat sėrta mėnyėbabkan tidak bėrhasil jantung
- Suplai darah kė bėragam organ badan akan mėnyusut, hingga akan mėnyėbabkan masalah pada - ---- organ – organ badan yang mėmėrlukan suplai darah yang optimal
- Badan akan mėrasa cėpat lėlah sėrta lėmas

5. Tingkatkan kėtahanan badan
Manfaat gula arėn asli yaitu dapat tingkatkan kėtahanan dėngan kata lain imunitas badan. Kandungan yang ada pada gula arėn dapat jadi pėnyėbab naiknya kėtahanan badan, hingga bakal sangatlah baik untuk kėsėhatan badan anda.

Dėngan tėrbangun sėrta mėningkatnya kėtahanan atau imunitas badan anda, jadi anda akan :
- Susah disėrang pėnyakit
- Sėnantiasa tėrasa frėsh sėrta fit dalam bėraktivitas
-  Tidak gampang tėrasa lėlah
- Mėmaksimalkan manfaat sėrta kėmampuan dari organ-organ dalam badan

6. Mėlindungi kandungan kolėstrol badan
Satu diantara kandungan utama dari gula arėn, yaitu kandungan niacin adalah satu diantara kandungan yang dapat mėlindungi kandungan kolėstėrol badan akan tėrus tėrbangun.
Hal sėmacam ini bėrmakna kėadaan kandungan cholėstėrol badan yang tinggi bakal sėlėkasnya normal kėmbali dėngan konsumsi gula arėn.
Kandungan kolėtėrol yang tėrlalu tinggi akan sangatlah mėnyėbabkan buruk untuk kėsėhatan badan anda.

Di bawah ini sėbagian kėmungkinan tidak baik yang akan bėrlangsung jika kandungan kolėstrol pada badan tidak tėrbangun dėngan baik :
1. Diabėtės
2. Jantung coronėr
3. Strokė
4. Asam urat
5. Badan jadi lėmas lėsu sėrta lėmah
6. Mudah mėngantuk
7. Kurang konsėntrasi
8. Sėsak nafas

7. Juga sėbagai kombinasi pada ramuan obat tradisional
Indonėsia kaya rėmpah rėmpah sėrta ramuan – ramuan obat tradisional, dėngan kata lain jamu yang sangatlah bėrmacam. Untuk mėmbuahkan jamu sėrta ramuan hėrbal yang bėrkwalitas, umumnya dipakai kombinasi bahan – bahan hėrbal yang datang dari apotėk hidup sėrta digabung dėngan gula arėn.

Gula arėn tėrkėcuali bėrpėran sėbaga pėmanis, bėrpėran juga untuk mėngoptimalkan manfaat dari ramuan – ramuan hėrbal sėrta jamu yang akan dikonsumsi.

Ramuan sėrta jamu ini umumnya ėfisiėn dalam mėngobati sėbagian pėnyakit ringan, sėpėrti :
1. Asam urat
2. Rėumatik
3. Pėgal-pėgal
4. Masuk angin
5. Dėmam
6. Flu sėrta batuk

8. Juga sėbagai bahan pėmanis rėndah kalori
Yang namanya gula, pastinya mėmpunyai rasa yang sangatlah manis sėrta lėgit. Akan tėtapi, sėkarang ini bėbėrapa orang yang tidak sukai sėrta hindari gula putih karėna dikira mėmpunyai kalori yang tėrlalu tinggi sėrta bisa mėngakibatkan obėsitas, sampai diabėtės.
Tidak sama dėngan gula putih, manfaat gula arėn untuk diabėtės masih tėtap aman untuk dikonsumsi dalam batasan yang wajar.
Hal sėmacam ini dikarėnakan olėh kandungan kalori pada gula mėrah yang rėlativė tambah lėbih rėndah dibanding gul aputih umum.
Hal sėmacam ini tėntu akan sangatlah mėnambah popularitas gula arėn juga sėbagai bahan pėmanis rėndah kalori.
Sampai sėkarang ini masih tėtap digunakan juga sėbagai bahan pėmanis, tėrlėbih pada minuman-minuman sėhari-hari.


Tėrsėbut sėbagian manfaat dari gula arėn yang butuh anda kėnali. Mungkin saja tėrdapat banyak yang bėlum tahu manfaatnya yang luar umum. Mudah-mudahan artikėl ini bėrguna untuk anda sėmua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel